RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
Sekolah
Dasar Muhammadiyah I
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Arab
|
Tema
|
:
|
Keluarga
/ ﺍﺴﺮﺓ
|
Kelas/
semester
|
:
|
V
/ Ganjil
|
Pertemuan
ke
|
:
|
I
(satu)
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2
X 35 Menit
|
Kompetensi
Dasar
Siswa mampu menyimak, bercakap, membaca, menulis dalam bahasa arab tentang " ﺍﺴﺮﺓ " dengan pola/ struktur kalimat yang meliputi ﺍﺴﻡﺍﻹﺸﺎﺮﺓ + ﻤﺎ + ﻤﻦ + ﻫﻞ + ﻧﻌﻡ + ﻻ+ ﻋﻟﻢ
Siswa mampu menyimak, bercakap, membaca, menulis dalam bahasa arab tentang " ﺍﺴﺮﺓ " dengan pola/ struktur kalimat yang meliputi ﺍﺴﻡﺍﻹﺸﺎﺮﺓ + ﻤﺎ + ﻤﻦ + ﻫﻞ + ﻧﻌﻡ + ﻻ+ ﻋﻟﻢ
Indikator
Siswa dapat :
1. Dapat membaca bahan bacaan dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2. Dapat memahami bacaan dengan mengetahui arti mufrodat.
3. Mendemonstrasikan materi muhadatsah dan tanya jawab dengan pola kalimat yang telah dipelajari/ tentukan.
4. Menulis huruf arab dalam kata-kata maupun kalimat.
Siswa dapat :
1. Dapat membaca bahan bacaan dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2. Dapat memahami bacaan dengan mengetahui arti mufrodat.
3. Mendemonstrasikan materi muhadatsah dan tanya jawab dengan pola kalimat yang telah dipelajari/ tentukan.
4. Menulis huruf arab dalam kata-kata maupun kalimat.
Materi
Pokok
ﻫﻧﻩﺻﻭﺮﺗﻲ + ﻣﻦﺗﻠﻙ ﻫﻞﻫﻧﺍﺍﺒﻭﻙ
ﻣﺎﻣﻬﻨﺗﻪ ﻣﺎﺍﺴﻢﺍﺨﺗﻙ
ﻫﻧﻩﺻﻭﺮﺗﻲ + ﻣﻦﺗﻠﻙ ﻫﻞﻫﻧﺍﺍﺒﻭﻙ
ﻣﺎﻣﻬﻨﺗﻪ ﻣﺎﺍﺴﻢﺍﺨﺗﻙ
Skenario
Pembelajaran
Kegiatan awal:
a. Membentuk kelompok terdiri dari 4 kelompok.
b. Memberikan aturan main/ penjelasan dan sistem penilaian.
Kegiatan awal:
a. Membentuk kelompok terdiri dari 4 kelompok.
b. Memberikan aturan main/ penjelasan dan sistem penilaian.
Kegiatan
Inti:
a. Membaca bahan bacaan bergantian dengan intonasi yang baik dan benar.
b. Mencari arti mufrodat dengan fasilitator guru.
c. Mencari soal dan jawaban dari bacaan yang ditentukan.
d. Melakukan tanya jawab dengan anggota kelompoknya masing-masing.
a. Membaca bahan bacaan bergantian dengan intonasi yang baik dan benar.
b. Mencari arti mufrodat dengan fasilitator guru.
c. Mencari soal dan jawaban dari bacaan yang ditentukan.
d. Melakukan tanya jawab dengan anggota kelompoknya masing-masing.
Kegiatan
Akhir:
a. Menarik kesimpulan.
b. Penugasan/ Pekerjaan rumah.
a. Menarik kesimpulan.
b. Penugasan/ Pekerjaan rumah.
Sumber
dan Media
- Buku Silabus.
- Buku bahasa arab penunjang.
- Kaset
- CD
- Kamus
- Buku Silabus.
- Buku bahasa arab penunjang.
- Kaset
- CD
- Kamus
Penilaian
Penilaian aktifitas selama KBM dengan memperhatikan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.
Penilaian aktifitas selama KBM dengan memperhatikan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.
|
Sidoarjo,
7 Januari 2009
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(Ikhsan,
S.ag,M.Si)
|
|
Guru
Mata Pelajaran
(Burhanuddin) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar